Mar 11 2013 1:33P

Fokuskan Pembebasan Lahan Tol Jorr W2 dan Akses Tol Priok

Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum (PU) terus melakukan berbagai upaya untuk mempercepat proses pembebasan lahan yang memang cukup menghambat beberapa pekerjaan pembangunan infrastruktur di sejumlah daerah.

Namun, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto mengaku, pekerjaan yang urgent dilakukan saat ini adalah Tol Jorr W2 (Kebon Jeruk – Ulujami) dan akses tol Tanjung Priok, disamping juga Tol Trans Jawa.

”Prioritas pembebasan lahan saat ini masih sama saja yaitu prioritas Kementerian PU, namun yang urgent dilakukan saat ini adalah  Tol Jorr W2 (Kebon Jeruk – Ulujami) dan akses tol Tanjung Priok,” tutur Djoko Murjanto (11/3).

Untuk itu dalam rangka percepatan proses pembebasan lahan, Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto (sesuai dengan petunjuk Wakil Presiden RI Boediono), menunjuk mantan Sekretaris Wakil Presiden Tursandi Alwi bersama dengan Eddy Purwanto untuk membantu tugas Kementerian PU.

Hal tersebut dikatakan Djoko Murjanto, usai menghadap Menteri PU Djoko Kirmanto bersama-sama dengan Tursandi Alwi dan Eddy Purwanto. Turut hadir mendampingi Menteri PU adalah Kepala Pusat Komunikasi Publik Danis H. Sumadilaga.

”Dalam rangka percepatan proses pembebasan lahan untuk jalan tol, maka Menteri PU sesuai dengan petunjuk bapak Wapres, menugaskan pak Tursandi Alwi dan Eddy Purwanto sebagai mantan pejabat yang masih mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap pemda untuk ikut membantu tugas Kementerian PU dalam rangka pembebasan lahan,” tutur Djoko Murjanto.

Selain membantu sejumlah pembebasan lahan untuk jalan tol, Djoko mengatakan bahwa para pejabat tersebut akan memberikan dorongan dalam pekerjaan normalisasi Sunter dan beberapa pekerjaan lain yang mengalami kesulitan dalam pembebasan lahan.

Untuk itu, para pejabat tersebut akan berkantor di Kementerian PU. ”Jadi nantinya mereka akan bertindak menjadi semacam advisor, yang memang tidak memegang secara detil,” tambah Djoko. (nrm)

Pusat Komunikasi Publik

110313



Pusat Komunikasi Publik