Aug 1 2013 10:09AM

Pusdiklat Adakan Lomba Penyelenggaraan Diklat Terbaik

Untuk memberi semangat dan dorongan kepada seluruh Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) untuk berlomba dalam penyelenggaraan diklat terbaik, Pusat Diklat Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengadakan Lomba Penyelenggaraan Diklat Terbaik 2013. Lomba dikuti 10 Balai Diklat tersebut pada akhirnya menghasilkan tiga Balai Diklat terbaik.

 

Dalam penilaian akhir yang diadakan Rabu (31/7) di Jakarta, Tim Penilai ditambah Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PU, Agoes Widjanarko selaku Ketua Tim Pengarah dan Kepala Pusdiklat Kementerian PU, Yadi Siswadi menetapkan Balai VII Palembang, Balai II Bandung, dan Balai V Makassar sebagai tiga Balai Terbaik. Agoes Widjanarko mengaku senang dengan penyelenggaraan lomba demi mendorong seluruh Balai Diklat PU menjadi Balai yang handal dan unggul di wilayah kerjanya.

 

Yadi Siswadi menuturkan, Lomba itu penting untuk mendapatkan nilai-nilai keunggulan Balai Diklat maupun kelemahan-kelamahan yang perlu diperbaiki. Kedepannya, Kepala Pusdiklat berharap Lomba sejenis dapat juga diadakan untuk Balai Kementerian PU lainnya seperti untuk Balai Bidang Jalan dan Balai Bidang Sumber Daya Air.

 

“Ini semua dalam rangka reformasi birokrasi di Kementerian PU, dimana kita fokus pada dua hal yaitu bagaimana kita meningkatkan kinerja dan bagaimana kita bisa tingkatkan layanan terhadap stakeholder atau masyarakat,” terang Yadi Siswadi.

 

Kinerja aparatur Kementerian PU akan lebih baik dengan adanya peningkatan kapasitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia-nya. Melihat alasan tersebut, menurut Yadi Siswadi Balai Diklat mempunyai tugas penting dan strategis sebagai tempat transfer ilmu dan pengetahuan.

 

“Kita dalam bekerja butuh ilmu, dan ilmu sendiri terus berkembang baik manajerial maupun teknis. Untuk itu Balai Diklat harus mampu mengikuti perkembangan ilmu yang terbaru,” lanjut Yadi Siswadi.

 

Penilaian Lomba yang baru pertama kali diadakan tersebut dilakukan terhadap tujuh aspek yaitu Sarana dan Prasarana, Kepuasan Pelanggan, Akreditasi Lembaga Administrasi Negara, Laporan Penyelenggaraan Diklat Semester I 2013, Pemantauan Penyelenggaraan Diklat, Penilaian Pengajar dan Komitmen Kepala Balai. Penilaian itu dilakukan oleh Tim Penilai sebanyak 17 orang serta Tim Pengarah yang terdiri dari 10 orang.

 

Penilaian akhir untuk penentuan tiga Balai Penyelenggara Diklat Terbaik dilakukan melalui penilaian terhadap paparan komitmen Kepala Balai dari 4 peringkat nilai tertinggi. Komitmen kepala balai dianggap sebagai “leverage  atau faktor pengungkit yang sangat berperan dalam mensukseskan pengembangan diklat.

 

Selanjutnya kepada tiga Balai Diklat terbaik akan diberikan piagam penghargaan dari Menteri PU, Djoko Kirmanto. Penghargaan akan diberikan pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 pada 17 Agustus 2013 di Kantor Kementerian PU. (rnd)

 

Pusat Komunikasi Publik

010813

 



Pusat Komunikasi Publik